Transformasi Digital

Apa itu dan mengapa hal itu penting ?

Sumber : https://www.sas.com/

Transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk secara drastis mengubah cara bisnis beroperasi dan melayani pelanggan. Ungkapan ini telah menjadi hal yang umum di era digitalisasi. Itu karena setiap organisasi – terlepas dari ukuran atau industrinya – semakin bergantung pada data dan teknologi untuk beroperasi lebih efisien dan memberikan nilai kepada pelanggan.

Sejarah Transformasi Digital

Meskipun teknologi komputer telah ada selama beberapa dekade, konsep transformasi digital relatif baru. Konsep ini hadir pada 1990-an dengan diperkenalkannya internet mainstream. Sejak itu, kemampuan untuk mengubah bentuk tradisional media (seperti dokumen dan foto) menjadi satu dan nol telah memudar di tengah pentingnya hal yang dibawa oleh teknologi digital kepada masyarakat. Hari ini, digitalisasi menyentuh setiap bagian dari kehidupan kita, memengaruhi cara kita bekerja, berbelanja, bepergian, mendidik, mengelola, dan hidup.

Praktik transformasi digital biasanya digunakan dalam konteks bisnis. Pengenalan teknologi digital telah memicu penciptaan model bisnis baru dan aliran pendapatan. Teknologi yang muncul seperti kecerdasan buatan (AI), cloud computing dan Internet of Things (IoT) mempercepat transformasi, sementara teknologi dasar seperti manajemen data dan analitik diperlukan untuk menganalisis sejumlah besar data yang dihasilkan dari transformasi digital.

Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi. Itu terjadi di persimpangan orang, bisnis dan teknologi – dan dipandu oleh strategi bisnis yang lebih luas. Sukses hadir ketika organisasi dapat secara efektif menggunakan data yang dibuat oleh atau melalui teknologi dengan cara yang memungkinkan perubahan bisnis terjadi secara dinamis.

Transformasi digital dimungkinkan oleh penyatuan

Konvergensi memberi kehidupan pada bisnis digital, yang memungkinkan organisasi memberikan pengalaman digital, operasi digital, dan inovasi digital. Bisnis digital dapat berinovasi dengan cepat dan meningkatkan inovasi untuk menghadirkan produk dan layanan digital yang bernilai bagi pelanggan.

Transformasi digital adalah semua hal tentang membuka nilai dalam proses bisnis Anda dan melepaskannya kembali ke pelanggan – serta cukup gesit untuk menggunakan data dan analitik untuk menciptakan pengalaman baru yang inovatif. Perjalanan transformasi digital akan mengarahkan organisasi untuk menjadi berbasis analitik, dan penerapan teknologi AI yang tertanam akan menjadi kebiasaan

 

Siapa yang Berfokus pada Digital Transformasi?

Penurunan pendapatan telah mendorong banyak perusahaan telekomunikasi untuk mengambil pendekatan transformasi yang lebih agresif. Ini termasuk membuat layanan baru dan inovatif dan menambang data untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Harapkan investasi kuat dalam proyek transformasi digital karena telekomunikasi mencari peluang pertumbuhan baru.

Kota pintar. Pertahanan siber. Layanan digital. Sektor publik semakin menggunakan teknologi untuk meningkatkan kehidupan warga. Dengan sejumlah besar data besar yang tersedia, pemerintah memiliki banyak peluang untuk memangkas biaya lebih lanjut dan mendorong pendapatan. Kuncinya adalah manajemen perubahan dan menumbuhkan budaya inovasi.

Perusahaan manufaktur dan logistik adalah pemimpin dalam transformasi digital. Penggunaan robotika dan otomatisasi merampingkan rantai pasokan. Dan sementara beberapa industri berjuang untuk menghasilkan nilai dari IoT, produsen mahir menggunakan data sensor untuk mengekspos kelemahan produk, dan mengoptimalkan pemeliharaan alat berat.

Ritel tidak lagi tentang produk – ini tentang pelanggan. Dengan model bisnis buy-low, sell-high yang dikalahkan oleh raksasa e-commerce seperti Amazon, riteler merangkul alat analitik canggih dan intelijen pelanggan untuk mengubah cara mereka memahami dan melayani pelanggan.

Bagaimana Transformasi Digital Bekerja

Sebuah perusahaan tidak dapat sepenuhnya menyadari manfaat digitalisasi kecuali ketiga komponen transformasi digital – orang, bisnis, dan teknologi – bekerja bersama. Memasukkan komponen-komponen ini ke dalam budaya organisasi menuntut kepemimpinan yang kuat dari orang-orang seperti chief data and analytics officer (CDAO), chief information officer (CIO) atau bahkan CEO. Hasil dari kerja sama tersebut dapat menjadi bisnis yang berfokus pada pelanggan yang berfokus pada memastikan setiap tindakan yang diambil dilakukan dengan mempertimbangkan pengalaman pelanggan.

Organisasi yang berhasil dengan upaya transformasi digital dengan menggeser pola pikir, strategi, dan budaya mereka untuk mengimbangi perubahan kebutuhan dapat mencapai hasil seperti :

Pengalaman Digital

Sukses adalah menciptakan pengalaman digital yang terasa relevan, efektif dan menarik secara emosional bagi pelanggan. Bisnis yang diubah secara digital tahu cara memberikan pengalaman yang benar-benar diinginkan pelanggan alih-alih hanya mengandalkan produk atau layanan tradisional.

Operasi Digital

Perusahaan harus responsif dan cukup gesit untuk memberikan pengalaman dan nilai layanan yang tepat bagi pelanggan. Untuk mencapai hal ini diperlukan teknologi dan proses yang tepat; memiliki orang dan keterampilan yang tepat; dan memiliki organisasi yang mendukung kolaborasi, eksperimen dan inovasi.

Inovasi Digital

Ini sering dimulai dengan eksperimen di laboratorium inovasi dan pola pikir test-and-learn. Namun, organisasi harus sama-sama fokus dalam membangun pendekatan inovasi yang dapat diskalakan, yang membutuhkan investasi yang tepat dalam meningkatkan dan memasukkan bukti konsep nilai tambah ke dalam produksi.

Transformasi digital memengaruhi setiap organisasi secara berbeda. Tetapi setiap transformasi yang berhasil mencakup komponen inti yang sama.

 
Orang: Sisi Manusia dari Transformasi Digital

Menarik dan mempertahankan talenta digital sangat penting. Tetapi sama pentingnya untuk memelihara jenis struktur dan budaya organisasi yang tepat untuk mendukung kolaborasi, fleksibilitas, dan kecepatan.

Keterampilan

Perusahaan digital pertama mempekerjakan karyawan terbaik yang mereka mampu dan mengintegrasikan mereka ke berbagai bidang sehingga hasil dari satu bidang dapat dibagikan kepada orang lain. Produktivitas digital dan alat kolaborasi membantu karyawan membawa produk digital ke pasar dengan kecepatan dan kelincahan yang lebih besar.

Struktur Organisasi

Setelah perusahaan mengumpulkan beberapa kemenangan dengan praktik transformasi digital, mereka sering mengatur ulang untuk memecah silo departemen dan membentuk tim lintas fungsi yang didedikasikan untuk melayani pelanggan. Langkah selanjutnya adalah secara sengaja menciptakan struktur organisasi yang menumbuhkan tujuan, otonomi dan penguasaan.

Budaya

Menumbuhkan budaya inovasi dan penyempurnaan terus menerus melalui pengambilan keputusan berdasarkan wawasan dari atas ke bawah adalah penting. Data dan teknologi hanya akan membawa perusahaan sejauh ini. Budaya dan kepemimpinan harus menjadi jantung perubahan. Dengan budaya organisasi yang benar, hampir semua hal dapat dicapai.

Bisnis: Melakukan Pengaturan untuk Mencapai Keberhasilan

Pemimpin yang kuat yang menempatkan pengalaman digital dan pelanggan sebagai inti dari model bisnis mendorong upaya transformasi yang sukses. Para pemimpin ini harus memastikan strategi transformasi digital mereka mengatasi kesenjangan budaya – dan bahwa setiap orang memahami ke mana arah organisasi, dan alasannya.

Strategi dan pengalaman pelanggan

Pelanggan berada di pusat banyak proyek transformasi digital. Masuk akal, bukan? Karena meningkatkan pengalaman pelanggan adalah prioritas utama di sebagian besar organisasi. Upaya transformasi digital bergantung pada teknologi digital untuk mengubah wawasan pelanggan menjadi produk dan layanan yang berpusat pada pelanggan. Ini membantu organisasi untuk lebih melibatkan pelanggan – dan mendapatkan nilai lebih untuk bisnis

Proses Internal

Transformasi digital sering digunakan untuk meningkatkan ketangkasan dan efisiensi operasional. Ketika teknologi seperti AI dan analitik canggih digunakan untuk meningkatkan proses bisnis internal, transformasi menjadi mungkin. Automasi mempercepat proses sambil membebaskan pekerja untuk fokus pada tugas yang lebih strategis. Dan dashboard layanan mandiri memberi karyawan akses yang lebih baik ke wawasan, mempercepat, dan meningkatkan pengambilan keputusan di seluruh organisasi.

Model BIsnis

Perusahaan yang gagal mengembangkan kepunahan risiko. Sebaliknya, mereka yang menyelaraskan komponen transformasi digital untuk menyesuaikan model bisnis mereka dapat menciptakan penawaran digital baru dan aliran pendapatan untuk berkembang bersama pasar. Ingat bagaimana Netflix dulu mengirim DVD? Dengan mendigitalkan model bisnisnya, Netflix telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia.

Teknologi: Fondasi dan Terlihat

Teknologi lapisan perusahaan yang tercerahkan secara digital untuk menyenangkan pelanggan dan memenuhi kebutuhan bisnis. Memiliki platform yang fleksibel dan berkemampuan cloud yang mencakup teknologi dasar seperti manajemen data dan analitik memungkinkan bisnis untuk berkembang dan berkembang. Mengadopsi teknologi yang muncul memungkinkan mereka untuk membedakan dan mengganggu dengan produk dan layanan baru:

Cloud memberi organisasi akses lebih cepat ke data, perangkat lunak, dan kemampuan. Ini, pada gilirannya, membuat mereka cukup gesit untuk berubah. Cloud menawarkan perubahan mendasar dalam pengiriman dan konsumsi layanan, teknologi mengganggu yang dinikmati oleh siapa saja yang menggunakan asisten virtual seperti Alexa atau bisnis yang berkomunikasi di Slack.

AI digunakan untuk mengotomatisasi proses, terutama proses tingkat rendah yang dilakukan secara konsisten pada kecepatan tinggi – seperti memeriksa microchip untuk melihat adanya cacat. Ini juga memungkinkan personalisasi pada skala. Pada gilirannya, pemasar dapat menawarkan layanan pintar seperti chatbots, yang menggunakan pemrosesan bahasa alami untuk memahami konteks dan melakukan fungsi mirip manusia.

Analisis mengubah data menjadi wawasan. Dan wawasan adalah apa yang digunakan organisasi untuk berinovasi di dunia digital. Dengan analitik canggih, algoritme canggih dapat dijalin dengan mulus ke dalam operasi harian, meningkatkan kecepatan dan akurasi hampir semua proses. Platform analitik menyatukan semua upaya analitik, dari data hingga penemuan hingga penerapan.

Melakukan bisnis di dunia digital berarti mengatasi semburan data terstruktur dan tidak terstruktur yang mengalir dari sumber yang tampaknya tak terbatas. Data mendorong teknologi yang memungkinkan transformasi digital. Agar berhasil, organisasi harus mahir dalam mengakses, menyiapkan, membersihkan, mengelola, dan mengatur data.

Sentrisitas pelanggan praktis identik dengan transformasi digital. Ketika organisasi berjuang untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah, mereka semakin bergantung pada perangkat lunak dan alat intelijen pelanggan untuk memahami dan mensegmentasi pelanggan – langkah-langkah kunci dalam memberikan pengalaman pelanggan yang hebat.

Mampu menganalisis beragam data secara real time, ketika peristiwa terjadi, memberi IoT tempat di banyak proyek transformasi. Ini karena mengumpulkan data dari sensor dan perangkat yang terhubung hanya setengah dari gambar. Nilai sebenarnya dari IoT berasal dari kemampuan untuk menganalisis data streaming dan mengambil tindakan cepat – memfilter data yang relevan dari kebisingan. Produsen telah berhasil dalam menggunakan teknologi IOT untuk mengoptimalkan rantai pasokan

Data besar mempercepat kebutuhan transformasi – dan data besar yang dihasilkan dari digitalisasi memerlukan analitik data besar untuk membuka nilainya. Dengan menerapkan analitik dan AI tingkat lanjut ke data besar, organisasi dapat membuat keputusan yang lebih cepat dan berpikiran maju. Ini, pada gilirannya, memungkinkan bisnis untuk berkembang ketika bisnis baru yang didorong oleh data muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *